SEKOLAH DASAR NEGERI 28 SABANG

Home » Info » Verval PD Langsung Di TKP

Verval PD Langsung Di TKP

Halo semuanya…….!!!

Setelah lama tidak memposting sesuatu, malam ini saya coba memposting sebuah masalah yang menurut analisa saya pribadi adalah sebuah masalah yang sangat penting namun terkesan main – main. Oke langsung aja ke topik nya…. Setelah Balitbang Kemdikbud mengeluarkan Juknis tentang penulisan Ijazah yang harus di sertai dengan NISN alias Nomor Induk Siswa Nasional, maka reaksi langsung bermunculan, termasuk reaksi dari PDSP sebagai empunya atau yang memfalitasi NISN seluruh siswa di Indonesia. Bagaimana tidak, data yang terdapat pada pada PDSP tidak semua nya Valid di tambah lagi dengan terkunci nya data siswa pada aplikasi DAPODIKDAS. Langkah cepat pun di ambil oleh pihak PDSP dengan membuka  Fitur “Edit Data” di sever Verval Peserta Didik. http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login

Adapun cara login nya adalah sebagai berikut :

1. masukan email pada kolom username (email adalah email yg dipakai pada aplikasi Dapodikdas)

2. masukan pasword yang juga sama dengan pasword pada aplikasi Dapodikdas

3. tulis kode dari image yang ditampilkan biasa berupa angka dan huruf terus login

Setelah halaman Verval PD tampil maka akan ada lima menu utama yang terdiri dari :

Home>>> yang menampilkan grafik progres harian yang kita kerjakan

Referensi>>>> yang menampilkan sejumlah nama siswa yang telah ber-NISN dan dinyatakan telah Valid, yang artinya data tersebut telah cocok antara Aplikasi Dapodik dengan Database PDSP.

Residu>>>>> menampilkan sejumlah nama siswa yang bisa dikatakan datanya masih ragu ragu atau perlu verifikasi dan validasi, ini adalah wilayah kerja kita sebenarnya.

Edit Data>>>sebuah fitur yang tergolong baru, adalah menampilkan semua siswa dan yang mengembirakan kita bisa langsung mengedit jika ada yang salah atau tidak sesuai.

System>>>> fitur untuk LogOut

ini tampilannya

11

 

Namun setelah ada fitur baru yaitu menu Edit Data, kita tidak lagi mengalami kesulitan dalam memverval atau mengedit data yang salah, bahkan yang terlanjur memasukkan dari Residu ke Referensi. Berikut ini masalah dan solusinya  :

1. Bagaimana jika siswa terlanjur kita masukkan ke dalam menu Referensi dari menu Residu atau ada siswa yang salah nama ortunya?

Solusinya adalah dengan mengklik nama siswa tersebut di menu referensi kemudian klik Unmacth maka nama siswa tersebut akan berpindah kembali ke menu Residu

as

setelah itu akan muncul konfirmasi dan pilih OK.

2. bagaimana jika ada data siswa  salah atau tidak sesuai dengan Aplikasi Dapodik….?

Solusinya adalah sebagai berikut : dengan adanya menu baru yaitu Edit data maka dengan demikian kinerja kita bakal lebih mudah lagi, klik menu edit data kemudian klik gambar pensil pada siswa yang akan di edit (hanya berlaku bagi yang ingin mengedit data Nama siswa dan NISn yang tidak sesuai dengan tahun lahir)

ass

untuk sementara sampai disina aja dulu yach… bila ingin menyimpan NISN simpan lah dengan cara yang paling mudah bagi anda. Oya anda tidak perlu repot repot menginput hasil editan ke Dapodik karena nanti kabarnya PDSP akan Mem-PUSH NISN sekolah masing masing ke Aplikasi Dapodik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: